Iklan Lazada

Senin, 23 September 2019

Era Sistem Informasi

Assalamualaikum Boy

Salam buat pembaca blog ku yang berbahagia dimanapun kalian berada, kembali lagi dengan saya seorang mahasiswa yang belum magang dan masih menyempatkan waktu senggangnya untuk menulis blog yang tak ada faedahnya ini :D .

Seminggu sudah saya ga nulis di blog ini, pengen rasanya nambah seminggu lagi*hehe*,
tapi tidak boy biarpun badan malas untuk bergerak paling tidak jari jemari ku masih semangat untuk menulis blog kita pada minggu ini yak.*walaupun agak kaku*

Oke sebelum gue mulai saya ingin klean liat gambar dibawah  . . .     




Menurut kalian apa makna dari gambar diatas ?
Ikan pindah tempat karna dikucilkan ikan yang lain kah? Ikan yang inginkan kebebasan kah?
atau Ikan yang hanya ingin terbang saja ?

Oh tidak boy, makna dari gambar diatas sangat dalam seperti yang diungkapkan teman saya di blog nya mengenai makna pada gambar diatas yaitu :

" Di gambar itu Kita ibaratkan seekor ikan yang memilki sebuah keberanian untuk keluar dari zona kefakiran akan  ilmu maupun wawasan. Sebagai seorang mahasiswa tentunya kita harus siap untuk  menjadi lebih baik dan menambah wawasan yang lebih luas, dan juga harus siap menghadapi  konsekuensi ketika sudah berada di wadah yang lebih besar"

Ya, filosofis sekali kan maknanya. Bagi kalian yang ingin liat blog nya Klik Disini
Bagi kalian yang punya argumen sendiri tentang makna gambar diatas bisa comment below yak


Di zaman sistem informasi sekarang tentunya sangat mudahkan untuk menambah wawasan, tinggal modal quota saja ataupun nyolong wifi tetangga lo udah bisa searching yang lo pengen.

Tetapi kalian tau ga sih, menurut data entah darimana dikatakan bahwa :
  1. Setiap bulannya terdapat 2,7 milliar searching di mbah google,
  2.  jumlah pesan tertulis yang diterima & dikirim melebihi populasi di planet kita ini * sekedar info populasi penduduk dunia pada tahun 2018 mencapai 7,53 miliar jiwa* , 
  3. lebih dari 3000 buku dipublikasi setiap harinya, diproduksi 1900 CD piringan untuk merekam 150 juta panggilan telepon setiap detiknya, 
  4. diperkirakan 40 exabytes  informasi baru diproduksi worldwide tahun lalu.


Dari data tersebut dapat kita ketahui manusia di seluruh dunia sangat haus akan ilmu, pelajaran di tahun ini pun mungkin saja akan kadaluarsa di tahun 2025 nanti karna cepatnya informasi itu menyebar. Bahkan tidak menutup kemungkinan dimasa mendatang pekerjaan manusia itu akan digantikan oleh robot canggih.*woooowwwww emejingg*

Untuk itu kita harus lebih bersemangat untuk menambah wawasan kita agar tidak kalah pinter sama robot canggih yang mungkin aja buatan lo nanti boy *Oaalaahhh*
Sebelum klean ngebayangin membuat robot canggih klean nanti ada baiknya klean ketahui 4 hal yang merupakan isu utama yaitu PAPA :

a. Privacy
Privasi yang dimaksud di sini adalah Privasi dalam hal hak individu atau hak seseorang dalam mempertahankan informasi yang bersifat pribadi dari pengaksesan oleh orang lain yang tidak berhak atau yang dirahasiakan.
Contohnya: Contoh isu mengenai privasi sehubungan diterapkannya sistem informasi adalah pada kasus seorang manajer pemasaran yang ingin mengamati email yang dimiliki bawahannya karena diperkirakan mereka lebih banyak berhubungan denganemail pribadi daripada email para pelanggan. Sekalipun manajer dengan kekuasaannya dapat melakukan hal itu, tetapi ia telah melanggar privasi bawahannya.

b. Accuracy 
Akurasi merupakan faktor yang paling utama dalam sistem Informasi. Ketidakakurasian sebuah Informasi dapat menimbulkan hal yang mengganggu, merugikan, dan bahkan membahayakan diri sendiri bahkan orang lain. Informasi yang diberikan harus benar, tepat, akurat dan bertanggung jawab karena apa yang diinformasikan bisa jadi merupakan bahan referensi dalam membuat keputusan.
Contohnya: Sebuah kasus akibat kesalahan penghapusan nomor keamanan social dialami oleh Edna Rismeller. Akibatnya, kartu asuransinya tidak bisa digunakan dan bahkan pemerintah menarik kembali cek pensiun sebesar $672 dari rekening banknya. Mengingat data dalam sistem informasi menjadi bahan dalam pengambilan keputusan, keakurasiannya benar-benar harus diperhatikan. 

c. Property 
Aspek property ini berhubungan dengan siapa pemilik informasi, bagaimana harganya atau bagaimana kadar sebuah informasi itu sangat diperlukan, bagaimana sebuah informasi itu mengalir, dan siapa saja yang boleh mengakses.
Kepemilikan dan nilai informasi (hak cipta intelektual). Hak cipta intelektual yang paling umum berkaitan dengan TI adalah perangkat lunak. Penggandaan/pembajakan perangkat lunak adalah pelanggaran hak cipta dan merupakan masalah besar bagi para vendor, termasuk juga karya intelektual lainnya seperti musik dan film.
Contohnya: Di Indonesia marak sekali pelanggaran property seperti pembajakan film-film dan juga barang-barang branded terkenal dengan harga yang relative lebih murah.

d. Accesibillity

Berhubungan dengan informasi apa yang dapat diperoleh orang seseorang atau organisasi, dan dalam kondisi seperti apa. Fokus dari masalah akses adalah pada penyediaan akses untuk semua kalangan. Teknologi informasi malah tidak menjadi halangan dalam melakukan pengaksesan terhadap informasi bagi kelompok orang tertentu, tetapi justru untuk mendukung pengaksesan untuk semua pihak.
Contohnya: Google, semua orang dapat bebas untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk kepentingannya.

Seandainya pekerjaan anda saat ini adalah seorang database administrator pada perusahaan Internet Service Provider (ISP). Kemudian anda diberi tugas mengamati trafik pengguna sehingga akan mengamati akses melalui web log. Apakah Anda dibenarkan mereview akses data sehingga anda mengetahui hal-hal yang dilakukan pengguna? Apa saja yang boleh anda lakukan dan apa yang tidak boleh? Jelaskan mengapa demikian!

Sebagai seorang administrator kita dibenarkan untuk mereview akses data karena itu sudah merupakan pekerjaan tetapi kita harus paham tentang konsep privacy dan kita wajib professional dalam menjalankannya. Yang dibolehkan mereview data tentang permasalahan yang ada dalam jaringan yang kita kelola sehingga kita dapat mengetahui masalah dan solusi agar pengguna tidak kecewa dengan layanan kita, yang tidak dibolehkan mereview history dan password client pengguna ISP kita.



Baiklah mungkin segitu aja blog yang gue tulis di minggu ini, mudah-mudahan bermanfaat buat kalian semua pembaca blogku.

See you . . .






Sumber :











Tidak ada komentar:

Posting Komentar